News :
Home » » Cara Mengatasi Laptop Tiba - Tiba Mati Tanpa Pemberitahuan "Low Battery"

Cara Mengatasi Laptop Tiba - Tiba Mati Tanpa Pemberitahuan "Low Battery"

Written By Unknown on 11/28/14 | 10:54 PM

Pernah gak sih sobat merasa jengkel ketika sedang asyik - asyiknya bermain didepan laptop, tanpa ada peringatan apapun tiba - tiba saja laptopnya mati. Dan itu yang saya alami kemarin sehingga sampailah kita disini.
Diantara penyebab terburuknya adalah karena memang batterai laptop kita yang sudah bermasalah. Namun jangan buruk sangka dulu sob, bisa saja karena settingan batterai laptop kita yang tidak tepat.
Dan untuk sobat yang mengalami hal yang sama, mungkin tutorial ini bisa membantu.


Pertama pastikan dulu settingan baterai sobat seperti gambar dibawah.
Klik kanan pada icon batterai pojok kanan bawah> Power Options> Change plan settings> Change advanced power settings


Jika sudah benar, seharusnya pemberitahuan low bat akan muncul pada saat batterai 10%, pemberitahuan kedua pada 7%, dan Hibernate saat batterai 5%.

Dan yang jadi permasalahannya, pemberitahuan tetap tidak muncul walaupun settingannya sudah benar.
Jangan putus asa dulu sob, karena disinilah inti dari pengalaman ini.

Pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengetahui pada berapa persen laptop sobat tiba - tiba mati.
Bagi sobat yang saat ini laptopnya sedang mati dan belum dicharge, silakan charge dulu sebentar saja kira - kira sampai batterai bertambah 3%. Kemudian hidupkan laptop sobat dan perhatikan baik-baik pada persentase berapa laptop sobat mati (Kalau laptop saya mati saat 20%) <<jika sobat punya cara lain untuk mengetahuinya silakan lakukan.

Setelah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah mengatur Power Options seperti sebelumnya.
Karena laptop saya mati saat 20%, maka saya merubah settingannya menjadi seperti berikut:


Jadi pemberitahuan "Low Battery" akan muncul saat battery 30%, pemberitahuan kedua pada saat 27%, dan battery akan Hibernate saat 25%.
Usahakan agar jarak dari "Low Battery" ke "Hibernate" jangan terlalu mepet, karena dikhawatirkan dengan waktu yang terlalu singkat sobat tidak sempat membawa charger, belum lagi chargernya ada didalam tas, belum lagi nancepin ke stop kontak, tambah lagi tempat stop kontaknya agak masuk ke lorong, eh habis itu listriknya malah turun. :) nah untuk menghindari kepanikan seperti itu buatlah jarak minimal 5 menit seperti settingan default windows.
Oia hampir lupa. Saat battery 20% laptop saya akan mati, seolah - olah battery 0%. Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena battery laptop saya sudah bermasalah.

Nah buat sobat yang mengalami hal diatas, bisa melakukan seperti yang saya lakukan. Dalam beberapa kasus ada yang laptopnya mati saat 30%, sobat bisa menyesuaikan settingannya sendiri..

Dan demikianlah pengalaman hari ini :) semoga dapat dijadikan ilmu meskipun sedikit.. ^_^
Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Tiba - Tiba Mati Tanpa Pemberitahuan "Low Battery" dapat bermanfaat buat sobat sekalian..


Share this article :

15 comments:

  1. tapi kenapa ya setiap laptop saya mati tanpa notif, tetapi tidak hibernate. ini sangat membuat aku cemas gan, bisa" terkena HDD aku nantinya, karna mati tiba", tanpa hibernate
    malahan ulang semua programnya
    alias seperti mati total begitu, tetapi ya masih bisa hidup
    solusinya gimana ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masalah kita sama gan ! jadi gini kalau setiap battery 9% itu drop/mati tiba"....trus kalo dihidupin lagi baru di loading windows itu mati lagi....gimana ya ?

      Delete
    2. Kalo laptop saya baterai masih penuh suka tiba tiba mati..nanti pas di nyalahin lagi baterainya masih penuh.. tpi kalau di charger ga bakal mati ..itu kenapa ya

      Delete
  2. Saya juga baru nih mengalami masalah seperti ini, baterai dibawah 20 persen langsung mati, pas dinyalakan tanpa charger tidak kuat, langsung dicharge pas dilihat charging 2% gitu, apa kendala baterai? Padahal sebelumnya masih bisa bertahan sampai 6% lalu langsung charge.

    ReplyDelete
  3. saya lebih parah lagi
    saat baterai di cek masih 52%, tapi 1 menit kemudian tiba-tiba 7%

    ReplyDelete
  4. Ane jga kyak gitu, tpi ane sambil ngecas tiba2 mati. Nah battere tak kasi keluar trus pasang n nyalain lgi pas loading mati lagi gan. Gmna cara ngatasinnya tuh?

    ReplyDelete
  5. laptop saya gan setelah mati tiba tiba ko ga bisa hidup sebelum di colokin charger nya padahal baterainya masi banyak. pencerahannya dong gan.

    ReplyDelete
  6. batteryku itu kalau di kalau di pakai nggak pernah kurang sedikitpun selalu 100% terus, lalu saya pakai selama setengah jam laptopnya tiba tiba mati sendiri. itu gimana yaa cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  7. Laptop saya baru dinyalain langsung mati lagi padahal baterainya 89%, gimana ya harus ngatasinnya ka?

    ReplyDelete
  8. Saya juga saat 30% mati tiba* bikin kesel aja

    ReplyDelete
  9. Saya kayaknya setiap antara 50% dan 40% tiba" Mati. Sampai" Saya bingung yang rusak apa chargernya juga takutnya gitu. Klo beli ndak ada money sedih aku banyak kerusakan kyknya..
    Gimanaa???

    ReplyDelete
  10. Kenapa ya laptopku juga baru 20% langsung mati padahal masih baru min

    ReplyDelete
  11. sama uy,,,,,lenovo S340 aku ini masi baru 1 tahun pemakaian,,dan batreinya baru diganti karena garansi,,,eh ni pas 30% langsung mati total dan pas dipasang charger eh dari 0%,.....hikhikhik

    ReplyDelete
  12. thankyuuu gan aye coba yee

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Informasi dan Edukasi TKJ - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template